10 Vokalis Rock Indonesia Paling Berkarakter

Bookmark and Share

Kenapa 10 saja? Sebenarnya kalau mau disebutin banyak, tapi saya pilih 10 agar tidak terlalu panjang dan 10 tersebut (kurang lebih) mewakili karakternya masing-masing. Jadi jangan terlalu kecewa kalo favorit kalian tidak masuk. Dan kategori growl, scream, ama alternatif yang terlalu nge-pop tidak termasuk disini. Urutan tidak mencerminkan hirarki, setiap orang punya selera dan cara penilaian yang berbeda-beda.


1. Ahmad Albar
Siapa yang berani meragukan kemampuan vokalis yang satu ini? Frontman dari band rock paling legend di indonesia ini yaitu Godbless sudah tidak diragukan lagi ke-legend-an nya. Jarang ada karakter vokalis yang bisa menyamai jenis suara Ahmad Albar.
Ahmad Albar

2. Arul Efansyah
Vocalis band Power Metal ini, meskipun bersuara pada nada-nada tinggi, suara Arul tetap cadas, seperti di lagu-lagu seperti Timur Tragedi, atau Satu Jiwa. Namun Arul tetap bisa menyanyikan lagu-lagu romantis, seperti memori jingga atau Bidadari.
Arul Efansyah

3. Nicky Astria
Lady Rocker ini adalah sedikit dari banyak rocker wanita yang suaranya sangat berkarakter. Vibrasi dan powernya benar-benar khas.
Nicky Astria

4. Harry Moekti
Penyanyi yang kini telah menjadi ustadz ini adalah salah satu rocker ber-power tinggi yang suaranya melengking di jagad musik mainstream era 80-an. Sebenarnya karakter suara Harry lebih ke rock keras. Akan tetapi musik yang dia pakai di aransemen lagunya lebih banyak musik-musik rock yang cenderung halus (banyak unsur synth-nya).
Harry Moekti  

5. Krisyanto
Suara pecah? Itulah suara yang sering diasosiasikan kepada mantan vokalis Jamrud ini. Hingga sekarang, di musik rock mainstream, tidak ada penyanyi yang mampu menggantikan suara khasnya. Meskipun begitu, Krisyanto tetap dapat menyanyikan lagu-lagu balada rock dengan interpretasi yang baik, seperti di Pelangi di Matamu. 
Krisyanto

6. Andy /rif
Kali ini wakil dari jalur alternatif. Andy selain memiliki stage act yang menarik, vokalnya memiliki ciri yang khas, agak "kemayu", begitu istilah jawanya. Andy memiliki cara tersendiri untuk kelihatan feminim tapi tetap nge-rock, tentu dengan modal vokalnya yang berkarakter plus stage-actnya.
Andy /rif

7. Roy Jeconiah
Tidak disangsikan lagi, Roy Jeconiah yang sering kita sebut Roy Boomerang punya suara serak-serak yang membuat saya (dan mungkin agan-agan juga) wajib untuk memasukkan namanya ke dalam list ini. Suara serak-serak nakal yang dia miliki memberi ciri khas di setiap lagu-lagu Boomerang.
Roy Jeconiah

8. Once Mekel
Sting-nya indonesia. Kali ini Once (yang juga bukan dari aliran Hard Rock yang rata-rata bluesy) saya masukkan karena hampir tidak ada warna vokal yang sama dengan dia di dalam vokalis Indonesia. Mungkin banyak penggemar Dewa 19 mengatakan jika era Ari Lasso adalah era terbaik Dewa 19. Akan tetapi tidak diragukan lagi jika suara "langka" Once membuat Dewa 19 tetap eksis.
Once Mekel

9. Ecky Lamoh
Menurut profil-nya yang pernah saya baca, Ecky mengawali "pembelajaran" vokal-nya dengan musik-musik kulit hitam. Dan tidak salah, meski sempat ditentang orang tuanya karena menempuh jalur itu, suara Ecky di album-album awal Edane tidak tergantikan hingga saat ini. Dan sayang sekali karirnya pun tidak bertahan lama, karena attitude-nya yang (konon) kurang bagus saat manggung.
Ecky Lamoh


10. Ipang
Vokalis grup musik BIP. Ipang bergabung dengan BIP pada tahun 2004 menggantikan posisi Irang. Sebelum bersama BIP, Ipang adalah vokalis grup band Plastik. Hengkang dari Plastik, Ipang sempat berolo karier dengan aliran baru, triphop. Pergantian vokalis BIP juga menandai perubahan label mereka dari EMI ke Forte Record, juga adanya album baru Udara SegarDan dia termasuk golongan kontemporer yang saya masukkan ke dalam list ini.
Ipang


{ 5 komentar... Views All / Send Comment! }

Unknown mengatakan...

arul efansyah thebets

Eva D'zz mengatakan...

Setuju untuk semua yang di list ^_^

Unknown mengatakan...

setuju.....

Unknown mengatakan...

Kaka slank mana tuh,,???

Unknown mengatakan...

S7

Posting Komentar