Heavy Metal

Bookmark and Share
Dari rock, berkembang aliran heavy metal sejak era 1970-an sampai sekarang.
Seperti dijelaskan di atas, bahwa penggagas istilah "heavy metal" adalah grup band Steppenwolf namun awal tahun 1970 lah, istilah heavy metal digunakan dan heavy metal berkembang.

Heavy metal memiliki style gitar yang bagus yang terbuat atas dasar penyalahgunaan heavy riffs dan power chords. Kombinasi blues-rock dengan psychedelic rock banyak membentuk dasar asli dari Heavy Metal.

Ciri khas heavy metal adalah suara vokal melengking, tempo lebih cepat dari rock, meskipun hampir tak ada bedanya dengan hard rock, namun nuansa lagunya sangat mengeluarkan emosi dan komposisinya lebih dinamis.
Dari heavy metal ini, berkembang aliran pecahan heavy metal, yaitu NWOBHM (New Wave Of British Heavy Metal) atau disebut juga heavy metal Inggris, juga berkembang aliran glam metal atau hair metal.

Dalam dunia musik, berbagai hal dilakukan oleh band atau penyanyi dalam performa livenya untuk menghibur para penggemar. Pada Heavy metal salah satu cara dalam setiap performa konsernya untuk menghibur para penggemar, yaitu dengan cara menciptakan gerak–gerik fisik agar para penggemar menjadi terhibur. Peserta dalam konser metal tidak bisa menari dalam arti biasa. Tetapi mereka mengganti tarian dengan gerakan tubuh yang berfungsi sebagai pengganti menari, yaitu headbanging dan tikaman/dorongan kedua tangan sebagai tanda apresiasi dan gerak yang berirama. Penampilan pada air guitar yang sangat populer dan memiliki kedua manfaat pada penggemar Metal yaitu saat konser dan untuk mendengarkan rekaman musik di rumah.


Pada konser lainnya, penonton melakukan kegiatan stage diving, crowd surfing, mendorong dan mendorong dalam kekacauan huru-hara yang disebut moshing, dan menampilkan simbol tangan corna.


Pada umumnya, Lagu-lagu heavy metal sering diiringi dengan keanehan, lirik terinspirasi fantasi, dan hal–hal yang lari dr kenyataan. Lagu Iron Maiden misalnya, yang sering terinspirasi oleh mitologi, fiksi, dan puisi. Subjek utama pada Heavy metal adalah sederhana yaitu dengan bunyi yang seram, suara yang mengerang dan lirik yang berhubungan dengan sastra, yang dirayakan dengan kebebasan tanpa batas.

Masalah penampilan, karena banyaknya musik populer, visual imagery memberikan peran yang besar pada Heavy Metal. Selain itu untuk memberikan suara dan lirik, “image” sebuah band heavy metal dinyatakan dari dalam album dengan seni, logo, set panggung, pakaian, dan video musik.

Band pelopor heavy metal adalah Black Sabbath. Band asal Birmingham, Inggris ini muncul tahun 1968 dengan mengusung aliran hard rock namun di album "Black Sabbath" tahun 1970, mereka mengusung jenis baru dengan istilah "heavy metal".
Heavy metal sendiri juga mempelopori musik aliran extreme metal atau underground metal (thrash metal, power metal, black metal, death metal, dlll) sehingga heavy metal sering disebut classic metal. Band-band heavy metal yang lain seperti Scorpions, Mercyful Fate, dan Heaven And Hell telah memberikan warna baru bagi dunia heavy metal.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar